Nabung Pahala

"Lagi nabung pahala dikit-dikit, buat bekal liburan di Surga"

Bisa-bisanya nangis banget baca ini. Bayangin aja lagi di motor, matahari udah mulai terik, kena macet panjang, pas lihat jam tangan udah hampir telat masuk kantor pula. Pas liat angkot persis di depanku, ada tulisan itu di kaca belakangnya. 

Seketika.. suasananya kayak di film-film gitu loh. Suara bising klakson dan deru kendaraan bermotor seketika hening. Pas bacanya, pecah banget tangisku. 

Aku buat skenario gini di pikiranku.

Ngebayangin lagi ada di posisi jadi anak rantau entah karena bekerja atau studi. Pengen banget pulang ke rumah orang tua tapi harus nabung dulu. Nggak cuma dipake untuk beli tiket PP, tapi juga jadi hadiah untuk orang tua dan keluarga. Tiap hari uang disisihkan berapapun nominalnya di tengah jalani hari-hari yang luar biasa hectic dengan aktivitasnya. Ngerasa capek banget, tapi inget orang tua supaya bisa membanggakan mereka. Jadi booster semangat. Akan ada waktunya untuk rehat, untuk pulang, untuk istirahat. In shaa Allah. 

Akhirnya datanglah libur panjang, utamanya pas momen libur lebaran. Waktunya pulang kampung, waktunya pulang ke rumah, waktunya rehat dan lepas dari seluruh aktivitas yang kita jalanin sebelumnya. Entah pekerjaan atau studi. 
Tabungan uangnya tadi berkurang karena dipake beli tiket mudik, beli oleh-oleh atau souvenir, dan dikasih buat hadiah orang tua. Berkurang sih, tapi seneng kan? Harga tiket yang tiba-tiba naik di atas harga normal, akan dibela-belain buat beli juga kan? 

Sampai di rumah, jumpa dengan keluarga. Ketemu orang tau, silaturahim dengan sanak keluarga. Jalani aktivitas sehari-hari tanpa ada "beban" kerjaan atau studi. Seneng nggak sih? Pas tanggal liburan udah hampir habis, mulai nyiapin berbenah untuk kembali ke kota atau negara tempat kerja atau studi. Kerasa berat banget karena waktunya cuma sebentar. Limited.

Kalau di-analogi-in sama kehidupan manusia sebagai salah satu hamba Allah yang ada di bumi, ibaratnya yang lagi kita jalani sehari-hari di dunia tuh ya nabung pahala.

Berat atau ringannya perbuatan baik yang kita lakukan, nyatanya kita emang lagi nabung pahala. Dari bangun tidur sampe mau tidur lagi, semua berlimpah keberkahan. In syaa Allah..

Kalau nabung uang, keliatan tuh udah berapa jumlahnya. Lah kalau nabung pahala, asli ghaib deh. Kita nggak bisa tau udah seberapa isinya. Karena nggak tau dan nggak keliatan, menurutku Allah lagi ngasih challenge buat kita terus beramal. Terus cari peluang-peluang untuk dapetin pahala dari Allah. 

Setelah nabung pahala di dunia, waktunya pulang dan liburan unlimited di Surga. Maa syaa Allah.. siapa sih yang nggak mau? Kurang lebih ini sih behind the scene yang ada di pikiranku.

Sebagai booster tulisan kali ini, kutip hadits riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda,

"Perkara setiap mukmin itu menakjubkan. Sesungguhnya setiap urusan mereka adalah kebaikan. Hal ini tidak terjadi kepada seorang pun kecuali bagi orang mukmin. Apabila ia mendapat kebahagiaan, maka ia bersyukur, maka itu baik baginya, dan apabila ia mendapatkan keburukan, maka ia bersabar, dan itu pun baik baginya" (HR. Muslim no. 2999).



*Oh iya, kuberi tahu sedikit tentangku. Isi kepalaku aslinya berisik. Semoga nanti kamu bersedia ya buat menyimak apa yang ada di pikiranku. Tenang aja, aku pun bisa sebaliknya, menyimak semua ceritamu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jembatan Kebaikan Untukku

I Trust You

Eureka!